Membuat Kartu Lebaran Sederhana


Karena bentar lagi Idul Fitri alias Lebaran, biasanya orang-orang saling kirim kartu lebaran lewat email, atau post , kalo mau praktis yaa pake SMS. Tapi tradisi kirim kartu lebaran masih ada kok.. Kita coba bikin kartu lebaran dengan ukuran 4R , jadi bisa langsung di cetak ke tempat cetak foto. Atau bisa juga buat dikirim lewat email. Yang penting cara-cara bikinnya kita jadi tau.
Sebelum membuka dokumen baru, tekan D dan X untuk membuat settingan background hitam dan foreground putih seperti di postingan sebelumnya.
Setelah itu buat dokumen baru :

buka file gambar ketupat


Klik untuk memperbesar dan klik kanan trus save. ( gambar saya dapet search di google dari websitenya lupa euy.. maaf ya.. )
Drag file gambar tadi ke dokumen baru dan setting letak dan besarnya seperti ini :

Posisi layer di layer ketupat, klik Layer > layer mask > Reveal All .

Klik gradient tool lalu setting seperti dibawah :

Hasilnya akan seperti ini :


Klik Single Row marque tool untuk membuat garis horizontal, Buat layer baru lalu letakkan garis di layer baru.

Klik Edit > stroke

Ctrl + d untuk menghilangkan Seleksi. Copy garis tersebut ke bawah. Caranya Sambil menekan tombol ALT , drag garis ke bawahnya.. dikira-kira aja letaknya .

Copy dan letakan garis sampe bawah kartu. Layer yang terbentuk kan jadi banyak, Klik layer paling atas terus tekan ctrl + E untuk menggabungkan semua layer dan hasilnya menjadi layer 2 doang.
lalu Copy dan Putar layer 2 atau garis-garis tadi. Simplenya Tekan tombol ALT dan putar garis tersebut

Drag titik tengah di garis paling bawah ke bawah kartu.. hasilnya seperti ini :

Set Opacity atau transparan nya menjadi 50 %.

Hapus garis yang menghalangi gambar dengan Eraser Tool.

Lalu kasih tulisan ”Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1429 H ” , saya menggunakan font MISTRAL. Download disini. < Klik Kanan trus Save

Hasil Akhir nya Seperti ini :


Selamat mencoba yaa.. trus kirim deh. Kalo mo dikirim lewat pos musti di cetak dulu ke tempat cetak foto ukuran 4R. atau kirim aja lewat email..
Selamat Puasa.


Artikel Membuat Kartu Lebaran Sederhana ini dipersembahkan oleh Tutorial Photoshop Gratis. Kunjungi Wallpaper, Font, Desktop Theme Gratis Pokoknya Serba Gratis. Baca Juga Adobe Photoshop Tutorials

Categories: Share